Mencerdaskan anak2 diperbatasan RI – PNG Satgas Yonif 406/CK terlibat jadi Gadik

Boven Digoel, Pada pelaksanaan kegiatan Pembinaan Teritorial Satgas Yonif 406/CK anggota Pos Kanggewod terlibat menjadi Gadik di SD Perbatasan. Pada hari Kamis 30 Januari 2019 pukul 09.00 s/d 11.00 WIT Anggota Pos Kanggewod Kipur B Satgas Pamtas Yonif 406/CK Dipimpin oleh Sertu Tamrin beserta 4 orang melaksanakan kegiatan Gadik di Sekolah Dasar YPPK ST Frasiskus Xaverius Kampung Kanggewod.

Anggota Pos Kanggewod Satgas Pamtas Yonif 406/CK tidak hanya melaksanakan tugas menjaga keutuhan NKRI tetapi juga memiliki rasa peduli terhadap dunia pendidikan didaerah perbatasan.

Anggota Pos Kanggewod Satgas Pamtas Yonif 406/CK membantu mengajar sebagai wujud perhatian terhadap pendidikan dengan melihat langsung kondisi siswa-siswi di sekolah dan didapatkan bahwa salah satu kendala yang dihadapi dalam proses belajar mengajar adalah kurangnya tenaga guru atau pendidik.

Kepala Sekolah Dasar YPPK ST Fransiskus Xaverius Kangewod Bapak Yonnas Apaynop (51) mengatakan bahwa sekolah ini memiliki 38 siswa dari kelas 1 s/d kelas 6 tetapi hanya memiliki 1 guru pegawai negeri dan 2 lainnya masih tenaga honorer dan tidak bisa hadir dalam bersamaan karena tempat tinggalnya jauh dari sekolah.

Sehingga dengan kehadiran anggota Pos Kanggewod Satgas Pamtas Yonif 406/CK untuk membantu pelaksanaan gadik, pihak Sekolah Dasar sangat senang dan berterimaksih atas kehadiran anggota pos Kanggewod Satgas Pamtas Yonif 406/CK.

Dalam kegiatan tersebut Anggota Pos Kanggewod Satgas Pamtas Yonif 406/CK membantu memberikan pelajaran dengan diawali materi wawasan kebangsaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk menumbuhkan rasa cintah air sejak usia dini. Memberikan pelajaran Bahasa Indonesia sebagai bahasa Persatuan Indonesia, dan mengajarkan membaca menulis dan berhitung.

Dari kegiatan tersebut diharapkan agar tetap terjaga kesinambungan antara sekolah dan anggota pos Kanggewod Satgas Pamtas Yonif 406/CK dalam pengabdiannya dalam masyarakat disamping tugas pokok menjaga keutuhan NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *