Penyuluhan tentang pentingnya P3K dalam kehidupan sehari-hari

Boven Digoel, Pelaksanaan Giat Binter berupa penyuluhan tentang Pentingnya P3K dalam kehidupan sehari – hari pada saat kita melaksanakan sekolah, bekerja, berolah raga, dan aktivitas lainnya, pelaksanaan Penyuluhan P3K disampaikan oleh Kopda ParminĀ  kepada murid – murid SD kls 3 dn 4 SD YPPK Kampung Mindiptana Distrik Mindiptana. Dalam pelaksanaan penyuluhan P3K Kopda Parmin (Takes) menyampaikan beberapa hal sbb :

Dalam menjalankan aktivitasnya, manusia tidak mungkin terlepas dari ancaman bahaya disekelilingnya. Ancaman bahaya itu seperti jatuh dari ketinggian, terantuk, tersandung, tergelincir, terjepit diantara benda, tertabrak, tergilas benda, terpotong, terkilir, terbakar akibat berhubungan dengan suhu tinggi, tersengat arus listrik, dan lain-lain. Oleh karenanya, pastinya mereka akan mencari cara untuk melakukan upaya perlindungan terhadap dirinya. Dimulai dari upaya preventif (pencegahan) sampai upaya kuratif (penyembuhan). Walau sudah dilakukan upaya pencegahan tetapi potensi bahaya masih saja bisa muncul dan menimbulkan kecelakaan. Oleh karenanya perlu dilakukan tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan P3K terhadap korban agar kondisi korban tidak bertambah parah dan tidak fatal akibatnya.

P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) yaitu upaya memberikan pertolongan pertama secara cepat dan tepat kepada pekerja atau orang lain yang berada ditempat kerja, yang mengalami sakit atau cidera ditempat kerja.

P3K dilakukan dengan maksud memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan yang lebih lengkap diberikan oleh dokter atau petugas kesehatan lainnya. Mengenai tujuan P3K diantaranya :

– Menyelamatkan nyawa

– Meringankan penderitaan korban, seperti meringankan rasa nyeri

– Mencegah cedera/penyakit bertambah parah, seperti mencegah perdarahan

– Mempertahankan daya tahan korban

– Menunjang upaya penyembuhan

– Mencarikan pertolongan lebih lanjut

Dalam kesempatan tersebut kepala sekolah SD YPPK Ibu Criestin S, pd menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan setinggi – tingginya atas kepedulian Pos Mindiptana Kipur B Yonif 406/CK Satgas Pamtas RI – PNG dalam memberikan penyuluhan P3K dan cara hidup sehat kepada murid – muridnya, harapan dari ibu Criestin S, dengan adanya penyuluhan P3K kedepan murid2 SD YPPK semakin mengerti tentang pentingnya hidup sehat dan diantara murid satu dgn yg lain dapat saling memberikan pertolongan, dengan demikian jiwa Toleransi dan saling tolong menolong akan tercipta dilingkungan sekolah, maka SD YPPK akan semakin maju dan Indonesia semakin Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *