TINGKATKAN SINERGITAS, BABINSA GIATKAN KOMSOS DENGAN APARAT KAMPUNG

Boven Digoel – Guna menunjang pelaksanaan tugas pokoknya sebagai seorang Babinsa, maka diperlukan pembinaan komunikasi sosial (Komsos) bersama dengan aparat kampung diwilayah binaannya.

Hal serupa dilakukan Babinsa Ramil 1711-01/WRK Serma Satrio dalam Komsosnya dengan aparat Kampung Yetetkun, bertempat di Balai Kampung Yetetkun, Distrik Ninati Kab. Boven Digoel. (12/04/2020).

Menurut Serka Satrio, seorang Babinsa harus memiliki kemampuan pembinaan teritorial (Binter) terhadap warga binaannya, salah satunya yaitu dengan komsos. Karena dengan komsos diharapkan seorang Babinsa akan mengetahui tentang kondisi sosial masyarakatnya, sekaligus untuk mendapatkan data dan fakta sebagai penunjang tugas kewilayahan.

Kegiatan komsos dengan aparat kampung juga wajib dilaksanakan oleh seorang Babinsa agar terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik antara Babinsa dengan aparat kampung diwilayah binaannya. Ujar Serka Satrio.

Menggiatkan Komsos dengan perangkat Kampung hasilnya akan lebih efektif, karena hasil pengarahan atau informasi dari Babinsa akan disebarluaskan oleh perangkat desa kepada masyarakat.

Begitu juga sebaliknya, kita mendapat informasi dan mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. Sehingga melalui kegiatan ini, Babinsa bisa tanggap mengambil langkah-langkah guna mengatasi permasalahan dan kesulitan yang dihadapi warga binaannya. Pungkas Serka Satrio.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *