Peduli terhadap pencegahan penularan Virus Corona Satgas Yonif 406/CK adakan Sosialisasi dan membagikan masker kepada warga di daerah perbatasan RI-PNG

Boven Digoel, Dalam memerangi, mencegah dan memutus rantai penyebaran virus Corona di wilayah Kab. Boven Digoel dan Kab. Merauke Papua, Satgas Yonif 406/CK turut adakan sosialisasi dan membagikan masker serta alat pembersih tangan kepada warga Distrik Ululin Kab. Merauke.

Lebih lanjut dikatakan Dansatgas, Satgas Yonif 406/CK dalam penugasan Satu Kompi berada di Distrik Ulilin Kab. Merauke, sebagai Dankipur “D” Lettu Inf Juriyanto dan membawahi Tiga pos jajaran. Seperti pada hari Ini Jum’at, 01 Mei 2020 pos Kalimandom dipimpin Serda Ilham Sukma bersama Enam orang anggota melaksanakan Sosialisasi dan membagikan masker dan alat pembersih tangan dengan menyambangi rumah warga secara _door to door_ untuk jelas Andy Soelistyo.

Kegiatan ini dilakukan merupakan bentuk peran Satgas dalam membantu tugas Pemda Kab. Merauke dan Kab. Boven Digoel yang hingga saat ini masih berupaya mengatasi terbatasnya ketersediaan Alat Pelindung Diri (ADP) yang dimiliki warga di tengah pandemik Covid-19.

“Dengan kemampuan yang kita miliki, Satgas akan selalu berupaya membantu kesulitan yang dihadapi masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan Sosialisasi dan pembagian masker dan alat pembersih tangan ini merupakan salah satu bentuk upaya Satgas untuk membantu pemerintah daerah dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 agar tidak menyebar di wilayah perbatasan RI-PNG.

“Kami berdoa dan berharap wabah ini cepat berlalu dan kehidupan dapat kembali normal, sehingga warga dapat beraktivitas. Kasihan warga yang berpenghasilan harian, kalau tidak bekerja maka tidak akan ada penghasilan,” urainya.

Dikatakan Andy, selain membagikan masker dan alat pembersih tangan, personel jajarannya juga telah memberikan sosialisasi dan pengetahuan kepada warga tentang Bahaya yang dapat mengakibatkan korban jiwa serta bagaimana memutus mata rantai penularan virus Covid-19.

“Yaitu dengan cara menjaga jarak apabila berinteraksi, mengganti jabat tangan dengan salam silang depan dada, cuci tangan dengan sabun sehabis kegiatan dengan benar, menggunakan masker dan makan makanan yang bergizi serta atur pola hidup yang benar,” imbuhnya.

“Sosialisasi seperti ini sangat perlu kita ajarkan, agar mereka juga paham dan mengerti cara mencegah penyebaran Covid-19 yang sampai saat ini telah menjadi musuh utama di seluruh penjuru Dunia,” terang Andy.

Dalam kegiatan ini pula ucap Andy, Satgas saling bersinergi dengan instansi terkait dan berkoordinasi dengan pemerintahan di Distrik Ulilin, Merauke.

“Sekali lagi, dengan segala keterbatasan, Satgas selalu berupaya membantu kesulitan warga, dan berharap Covid-19 ini bisa segera diberantas,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Kontradus (54) warga Kampung Muting 4, mengucapkan terima kasih kepada Satgas Yonif 406/CK yang telah mengadakan sosialisasi dan membagikan masker bagi warga kampungnya.

“Kepala Distrik Ukilin, Bapak John Mehuzet Kayame, S. STP juga mengucapkan Terima Kasih dan Rasa bangga kepada bapak TNI yang bertugas menjaga perbatasan, TNI sangat peduli kepada warga di perbatasan. Semoga TNI selalu jaya, dan bapak-bapak TNI ini berhasil dalam tugasnya, Tuhan Memberkati,” pungkasnya bangga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *