Dirindukan Siswa, Perpustakaan Keliling Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Hadir Lagi di SD YPPK Yanggandur

MERAUKE — Hadirkan jendela ilmu bagi siswa-siswi sekolah di daerah perbatasan,
Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad memiliki program yang bertajuk mencerdaskan anak bangsa melalui budaya membaca, dengan “Perpustakaan Keliling” yang datang langsung ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah tugasnya.

Hal tersebut disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Sabtu(16/11/2019).

Dansatgas mengatakan, sekolah yang pertama kali di datangi oleh “Perpustakaan Keliling” yakni SD YPPK ST FX Yanggandur dan SMP Persiapan Negeri Yanggandur di bulan Agustus lalu, semua menyambutnya dengan antusias. Setelah 3 bulan berjalan salah seorang guru menyampaikan ke Danpos Yanggandur, bahwa siswa-siswinya ingin Perpustakaan Keliling Satgas datang lagi kesekolahnya.

Lanjutnya, untuk menjawab dan mengobati kerinduan siswa-siswi dua sekolah yang berdekatan tersebut, pada hari Jumat (15/11/2019), 8 personel Pos Yanggandur dipimpin Danpos Yanggandur Serka Supriyadi menghadirkan kembali “Perpustakaan Keliling” yang merupakan inovasi dari Satgas, dengan menyulap sebuah mobil Truk dinas menjadi jendela ilmu dengan ratusan judul buku yang dibawanya.

“Kegiatan tersebut adalah untuk membangun minat baca, memperluas pengetahuan dan wawasan bagi siswa, tak hanya membawa buku bacaan, kami juga putarkan film perjuangan untuk menumbuhkan motivasinya, tak cukup itu, untuk menambah asupan gizi, personel Pos Yanggandur juga membagikan bubur kacang hijau kepada siswa-siswi,” ucap Mayor Inf Rizky.

Abituren Akmil tahun 2003 tersebut menambahkan, berbagai program dibidang pendidikan kita lakukan untuk menarik pelajar supaya terus berprestasi, baik melalui bimbingan belajar, menyulap rumah pintar menjadi PAUD, membantu mengajar di sekolah, dan juga Perpustakaan Keliling, semuanya telah berjalan dengan baik, hal tersebut tentunya demi mendukung para generasi penerus bangsa untuk berprestasi dan mewujudkan cita-cita mereka kelak.

Terpisah, Letda Inf Mohammad Rizal D.K selaku kordinator Perpustakaan Keliling yang datang bersama 4 personel Pos Kout mengatakan, perpustakaan keliling ini merupakan program untuk mencerdaskan anak-anak sekolah di perbatasan, mendatangi sekolah-sekolah baik SD maupun SMP dengan harapan dapat menjadi jendela ilmu pengetahuan bagi pelajar.

Sementara itu ucapan terimakasih datang dari Kepala Sekolah SD YPPK ST FX Yanggandur bapak Emerikus Renyaan, S.Pd., kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad, untuk kedua kalinya Perpustakaan Keliling telah datang lagi ke sekolahnya.

“Kehadiran Perpustakaan Keliling ini menjadi semangat tersendiri bagi siswa-siswi kami, perubahannya pun dapat dirasakan oleh para dewan guru, dimana mereka menjadi semakin rajin dan mendorong peningkatan kemampuan membaca anak-anak didik kami,” ucap Bapak Emerikus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *