Peduli kesehatan masyarakat di perbatasan Satgas Yonif 406/CK adakan pengobatan gratis

Boven Digoel, pada hari Rabu, 20 November 2019 telah dilaksanakan pengobatan massal TW II di kampung Patriot distrik Arimob Kab. Boven Digoel oleh Satgas Yonif 406/CK. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Satgas Yonif 406/CK Dipimpin oleh Pasiter Letnan Satu Inf Puji Wahyono beserta 10 orang anggota. Selain menjalankan tugas pokok menjaga perbatasan RI – PNG, Satgas Yonif 406/CK dalam hal ini kesehatan Satgas Yonif 406/Ck juga melaksanakan beberapa kegiatan sosial, salah satunya kegiatan pengobatan massal untuk membantu mengatasi masalah kesehatan masyarakat diwilayah Kab. Boven Digoel, khususnya di wilayah kampung Patriot distrik Arimob yang merupakan salah satu kampung diperbatasan RI – PNG.

Kegiatan pengobatan massal kali ini merupakan kegiatan kedua yang dilakukan oleh Satgas Pamtas Yonif 406/CK bekerja sama dengan Dinkes Kab. Boven Digoel, Papua.

Pada pengobatan kali ini, menurut Lettu Ckm dr. Weldi Adham Agustian selaku dokter Satgas mengatakan bahwa masalah kesehatan di wilayah Papua masih menjadi salah satu hal yang harus menjadi perhatian dan prioritas baik Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat, dimana dibeberapa wilayah masih terdapat kesulitan akses untuk menjangkau fasilitas kesehatan. Untuk itu, kami dari Satgas Pamtas Yonif 406/CK hadir untuk mempermudah masyarakat di Kab. Boven Digoel, khususnya di kampung Patriot distrik Arimob. “kita harus jemput bola untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan”, program – program komunikasi, informasi dan edukasi kesehatan harus lebih sering dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan. ungkap dokter Satgas

Adapun pada pengobatan massal kali ini, masyarakat yang datang berobat sebanyak 87 orang, terdiri dari anak-anak, dewasa dan lansia. Adapun jenis penyakit yang diderita oleh masyarakat seperti Myalgia (nyeri sendi dan otot) sebanyak 32 orang, Infeksi saluran pernapasan atas 28 orang, Diare 15 orang, Pioderma (infeksi kulit) 7 orang dan Dermatitis (Gatal – Gatal) 5 orang.

Kami berharap, semoga dengan kehadiran kami di tanah Papua khususnya di Kab. Boven digoel ini dapat bermanfaat dan senantiasa diterima serta dicintai oleh masyarakat, sehingga terjalin hubungan yang harmonis dan terjalin kemanunggalan TNI bersama rakyat.

Warga sangat antusias dan berterima kasih kepada anggota Satgas Yonif 406/CK dengan kegiatan ini dan berharap kepada anggota pos Satgas Yonif 406/CK untuk sering memberikan kegiatan seperti ini karena Kami perlu kesehatan. Apabila Kita sehat maka mau beraktifitas jadi semangat tutur kepala kampung Patriot bapak Abraham Mako.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *