PASITER KODIM 1710/MIMIKA BERI SOSIALISASI KEPADA WARGA TENTANG RENCANA PEMBENTUKAN KOMPONEN CADANGAN

Timika ~ Kodim 1710/Mimika gelar Sosialisai kepada masyarakat tentang pembentukan Komponen cadangan di wilayah Kodim 1710/Mimika tahun 2020 dipimpin oleh Pasiter Kodim 1710/Mimika (Kapten Inf Akhmad Zaini) bertempat di Ruang data Makodim 1710/Mimika Jl. Agimuga mile.32 Distrik Kuala Kencana Kab. Mimika, Senin (10/08/2020).

Pada kegiatan tersebut Pasiter melaksanakan Sosialisasi kepada masyarakat dalam rangka pembentukan Komponen cadangan untuk menghadapi perkembangan ancaman yang makin beragam,sebagai dorongan Indonesia perlu menata kembali kekuatannya.

“Dalam konteks pertahanan negara, permasalahan ini tidak cukup ditangani hanya dari aspek kekuatan utama Militer saja, Untuk membangun ketahanan Nasional setidaknya ada 3 (tiga) pilar yang harus saling terkait yaitu Pemerintahan, Rakyat, dan Militer,” ucapnya.

Lebih lanjut Kapten Inf. Akhmad Zaini menambahkan, bahwa ketiga pilar tersebut dijalin dalam simpul untuk memperkuat sebuah Negara. Pemerintah dengan rakyat diikat dengan simpul ideologi. Ideologi adalah sebuah harapan yang dibangun bersama secara sadar. Yaitu dengan memberikan kemampuan melalui pendidikan dan latihan agar dapat melaksanakan tugas pertahanan Negara atau yang disebut Bela Negara. Mengintegrasikan kekuatan pengganda yang berasal dari komponen cadangan dan komponen pendukung ke dalam organisasi kekuatan pertahanan Negara.

“Untuk itu, keberadaan Komando Daerah Militer sebagai bagian dari kekuatan TNI AD yang berperan dalam menyelenggarakan tugas dan fungsi Kemhan, terutama dalam menyiapkan komponen cadangan di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya,” pungkasnya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *