Belajar sambil bermain ala Branjangan

*Boven Digoel, Papua* – Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/CY dibawah naungan Kolakops Rem 174/ATW membantu tenaga pendidik untuk memberikan pengajaran dengan menggunakan metode monopoli ala Branjangan”yang diterapkan pada kegiatan belajar siswa-siswi sekolah dasar di kampung Asikie Distrik. Jair Kab. Boven Digoel di perbatasan RI-PNG.

“Mengingat siswa- siswi SD yang masih berusia anak-anak membutuhkan hiburan setelah libur panjang pasca pandemi Covid 19, kami harapkan mengajar dengan pola bermain ala Branjangan ini dapat menambah semangat siswa- siswi untuk belajar lebih giat,” Ungkap Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P. Dansatgas Yonif Mekanis 516/CY. (Selasa, 25/8/2020)

Menurut Dansatgas, sifat anak-anak yang gampang bosan dengan pembelajaran cara formal, hal ini mendorong TNI yakni Satgas Pamtas mencari metode pembelajaran yang menarik bagi siswa, yakni dengan menggunakan metode Monopoli ala Branjangan.

Metode ini diterapkan dan digunakan oleh Serda I Wayan Adi dan Serda Agung personil pos Kotis Satgas Yonif Mekanis 516/CY, yang mengajarkan siswa-siswi SDN Impres Asikie di Kampung Asikie, Distrik Jair, Kab. Boven Digoel, dengan metode bermain monopoli.

Loren mengatakan, selain menunaikan tugas menjaga keamanan dan keutuhan NKRI di perbatasan, Satgas Yonif Mekanis 516/CY juga melaksanakan tugas di bidang pendidikan dengan mengajar siswa sekolah dasar yang ada di sepanjang tapal batas.

“Personel kami juga melatih baris-berbaris, pramuka dan Senam bersama guna melatih kedisiplinan serta dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan kebangsaan didalam diri anak-anak sebagai generasi penerus bangsa,” Lanjut Lettu Inf Doris Sumanto Daud, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *