WUJUD UPSUS DALAM PENCAPAIAN PROGRAM KETAHANAN PANGAN, BABINSA KORAMIL 1710-03/KUALA KENCANA BANTU WARGANYA DALAM KEGIATAN PENANAMAN JAGUNG

Timika ̴ Babinsa merupakan salah satu penggerak bagi para petani (pelaku utama) dan Kelompok Tani. Hal ini menjadi kegiatan upaya khususu (Upsus) dalam Peningkatan Produksi Pajale (padi, jagung, kedelai) yang dilaksanakan di wilayah binaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, kali ini Babinsa Kp. Limau Asri Timur, Koramil 1710-03/Kuala Kencana (Serma Tori Suwandi) sedang membantu warga binaannya menanam Jagung sebagai salah satu upaya pencapaian program ketahanan pangan yang ada di wilayahnya Kp. Limau Asri Timur Distrik Wania Kab. Mimika, Jumat (28/08/2020).

Menurut Serma Tori, ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi atau hasil panen, salah satu di antaranya adalah dengan pendampingan dan pengawalan kegiatan Upsus Peningkatan Produksi Pajale dalam Pencapaian Swasembada Pangan.

“Peran Babinsa dalam Upsus adalah untuk meningkatkan Produksi Pajale sebagai komunikator, fasilitator, advisor, motivator, edukator, organisator dan dinamisator melalui pengawalan dan pendampingan pertanian dengan petani atau kelompok tani”ungkap Babinsa Kp. Limau Asri Timur tersebut.

Lebih lanjut serma Tori menambahkan bahwa Jagung merupakan salah satu komoditi utama selain padi dan Kedelai yang menjadi prioritas utama pemerintah, dikarenakan Jagung merupakan komoditi tanaman pangan yang memiliki peranan penting sebagai pemenuh kebutuhan pangan, pakan dan industri dalam negeri yang setiap tahunnya cenderung meningkat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *