Peduli Ketahanan pangan Nasional Satgas Yonif 406/CK Pos Umap Kipur B melaksanakan penanaman padi

Boven Digoel, SatgasYonif 406/CK selain melaksanakan Tugas Pokok menjaga patok batas Negara, mencegah terjadinya pelanggaran hukum, illegal loging, Trafiking, Mining, Trading dan Fishing diwilayah batas, bantu instansi terkait dan juga melaksanakan Binter. Kegiatan Binter yang dilaksanakan
Pos Umap tentang penanaman padi Gogoh tahap ke 2 pada luas lahan 1000 meter persegi sbb :

Pada hari sabtu 23 November 2019 pukul 08.00 s/d 17.00 Wit anggota Pos Umap Kipur B Satgas Pamtas Yonif 406/CK dipimpin oleh Serda Fauzy Irawan besert 6 orang anggota dan beserta masyarakat yg terdiri dari bapak-bapak dan ibu-ibu kampung Umap melaksanakan kegiatan penanaman padi Gogoh tahap ke dua.

Pelaksanaan penanaman diawali dengan tahap pembersihan lahan, selanjutnya tahap penanaman padi Gogoh dilaksanakan bersama sama dengan anggota pos Umap Satgas Pamtas Yonif 406/CK guna mempercepat penanaman padi Gogoh dimana ketergantungan terhadap curah hujan masih sangat diperlukan.

Penanaman bibit padi Gogoh tahap ke dua baru berjalan 50%, kontur tanah yang mempunyai banyak akar serabut menjadi kendala utama saat penanaman, warga kampung Umap dulu pernah menanam padi Gogoh mengalami kegagalan dikarenakan masyarakat kampung Umap belum mengerti cara menanamnya.

Dengan anjangsana dan pendekatan kepada tokoh masyarakat serta *Pemberian bantuan Bibit padi Gogoh dan Pupuk* yang diberikan oleh Dansatgas Yonif 406/CK Letkol Inf Andy Soelistyo K. P., S. Sos. M. Tr (Han), Pos Umap Kipur B Satgas Yonif 406/CK mengajak dan mengajarkan cara pengolahan bibit yang benar, cara penanaman yang benar sehingga diharapkan hasilnya bisa memuaskan dan padi tersebut bisa tumbuh seperti padi pada umumnya.

Kondisi tumbuh kembang padi Gogoh yang ditanam pada tahap I saat ini sudah tumbuh, sekitar 10 cm, setelah 2 Minggu penanaman warga melaksanakan pemupukan bibit padi Gogoh. Ujar kepala suku Kampung Umap Napak Boki.

Warga masyarakat kampung Umap sangat berterimakasih dengan hadirnya anggota satgas yonif 406/CK yang telah memberikan bantuan bibit, pupuk dan pengetahuan tentang cara menanam padi Gogoh dan membantu penanaman padi Gogoh sampai dengan selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *