Kopda Munawar, Anggota Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Jadi Guru Ngaji Di Perbatasan

MERAUKE – Selain melaksanakan tugas pokoknya dalam menjaga keamanan di wilayah perbatasan, personel Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad juga melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial seperti membantu mengajar dan pengobatan gratis hingga menjadi guru mengaji bagi anak-anak yang berada disekitar pos.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Elikobel, Merauke, Papua, Minggu(24/11/2019).

Dansatgas mejelaskan, Kopda Munawar salah satu personel Satgas dari Pos Toray tergugah hatinya untuk menjadi guru mengaji yakni membaca Al-quran dan bacaan Iqra bagi anak-anak yang beragama Islam di Kampung Toray, Distrik Sota, dikarenakan masih minimnya guru ngaji di kampung tersebut.

Lanjutnya, kegiatan belajar mengaji dilaksanakan setelah ibadah sholt Magrib, tercatat ada 5 anak yang setiap hari nya belajar mengaji di Mushola Pos Toray yang terletak di tengah-tengah Kampung Toray. Meskipun dengan keterbatasan sarana dan prasarana tidak mengurangi semangat anak-anak untuk menuntut ilmu agama.

“Meskipun hanya beberapa anak tidak mengurangi semangat personel Satgas untuk berbagi ilmu agama kepada anak-anak, didalam Mushola yang sederhana anak-anak belajar membaca ayat suci Alquran dan bacaan Iqra,” pungkas Mayor Inf Rizky.

Terpisah, Kopda Munawar mengatakan, “Saya sangat senang bisa berbagi ilmu dengan anak – anak dalam belajar mengaji, semoga ini dapat bermanfaat dan menambah ilmu mereka terutama tentang agama,” ungkapnya.

Sementara itu Danpos Toray Letda Inf Wesly Tanaem menerangkan, “Inisiatif personel Satgas mendapat respons positif dari masyarakat Muslim yang ada disekitar Pos. Kedepan pos berencana menambah meja, Alquran, iqra dan buku doa-doa untuk anak-anak belajar mengaji, supaya semakin semangat datang belajar mengaji di Pos,” ucap Danpos.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *