Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa Bersama Puskesmas Gelar Posyandu Di Perbatasan

Merauke – Prajurit Satgas Pamtas Yonif 125/Si’mbisa bekerja sama dengan Puskesmas Muting dan Puskesmas Pembantu (Pustu) Baidub menggelar pelayanan kesehatan terpadu untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan masyarakat perbatasan.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif 125/Si’mbisa, Letkol Inf Anjuanda Pardosi dalam keterangan tertulisnya di Kabupaten Merauke, Papua, Kamis (24/9/2020).

Diungkapkan Dansatgas, kegiatan Posyandu kali ini melibatkan tiga orang personel Satgas dari Bupul 12 dipimpin Danpos Letda inf Try Sutrisno, H. Am. S. Tr. Han bekerja sama dengan petugas kesehatan dari Puskesmas Muting dan Pustu Baidub bertempat di Kampung Baidub, Distrik Ulilin, Kabupaten Merauke.

“Keikutsertaan Satgas dalam kegiatan ini sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga perbatasan sekaligus juga mempererat tali silaturahmi dengan dinas terkait,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan Posyandu yang dilaksanakan meliputi pelayanan kesehatan terhadap balita sebanyak 45 orang dan pemeriksaan rutin terhadap lansia sebanyak 40 orang.

“Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan berkesinambungan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga perbatasan,” imbuhnya.

Menurut Letkol Inf Anjuanda Pardosi, personel Satgas Yonif 125/Si’mbisa yang berada di bawah Komando Pelaksana Operasi (Kolakops) Korem 174/ATW, selain menjaga keamanan wilayah perbatasan juga melaksanakan tugas-tugas lain membantu mengatasi kesulitan warga, termasuk bidang kesehatan.

“Karena di setiap Pos jajaran Satgas sudah disiapkan tim kesehatan yang telah dibekali sebelum berangkat melaksanakan tugas operasi,” tandasnya.

“Jadi, tim kesehatan ini akan terus kita berdayakan untuk membantu mengatasi kesulitan warga, khususnya masalah kesehatan,” tambahnya.

Di tempat terpisah, Devi Liana, Amd.Kep (27) mewakili teman-temanya dari Puskesmas menyampaikan ucapan terima kasih atas keikutsertaan Satgas, khususnya anggota tim kesehatan Pos Bupul 12 dalam pelayanan kesehatan ini.

“Ini sangat membantu dan meringankan pekerjaan tim kami dalam memberi pelayanan kepada warga. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih atas partisipasi bapak-bapak Satgas,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *