*Menjaga perbatasan dan kedaulatan Negara, Satgas Yonif Mekanis 516/CY, pos kangewot melaksanakan patroli Patok batas negara*

*Boven Digoel, Papua.* – Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY dibawa kendali kolakops Korem 174/ATW memiliki tugas pokok yaitu menjaga batas negara dan kedaulatan NKRI serta keamanan di wilayah perbatasan RI-PNG, pos kangewot melaksanakan patroli patok.

Demikian disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/CY, Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin, S.I.P., dalam keterangan tertulisnya di Asiki, Distrik Jair, Boven Digoel, Papua, Minggu (18/10/2020).

Dansatgas mengungkapkan salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) adalah mengamankan wilayah perbatasan yang diimplementasikan diantaranya dengan melaksanakan Patroli Patok. Terdapat 14 patok yang menjadi tanggung jawab Satgas Pamtas Yonif Mekanis 516/CY.

Salah satu di antaranya Patok MM. 7.7 yang berada di Distrik Waropko Kabupaten Boven Digoel, Papua, yang merupakan tanggung jawab dari Pos Kangewot Satgas Yonif Mekanis 516/CY.

Patroli Patok kali ini dipimpin langsung oleh Danpos Kapten Inf Eko Guruh Sujatmiko bersama 14 orang anggotanya dan satu orang Babinsa dari koramil waropko, Berbagai rintangan dan hambatan menuju patok, jarak yang ditempuh dari Pos menuju Patok MM. 7.7 kurang lebih 27,5 km dengan medan hutan belantara, perbukitan yang terjal serta menyeberangi dan menyusuri sungai, dibutuhkan waktu 4 hari untuk sampai ke patok.

Menurut Dansatgas, tujuan dilaksanakannya Patroli Patok adalah untuk mengetahui dan memastikan kondisi Patok Batas Negara tidak bergeser ataupun rusak. Karena hal ini menyangkut tentang kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *