Pengobatan Keliling, Wujud Peduli Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Terhadap Kesehatan Warga Kondo

Merauke — Sebagai bentuk konsistensi terhadap masalah kesehatan warga, untuk yang kesekian kalinya Satgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad melaksanakan pengobatan keliling ke rumah- rumah warga di Kampung Kondo, Distrik Neukenjerai, Merauke, Papua.
Hal tersebut disampaikan oleh Perwira Seksi Penerangan (Papen) Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Kapten Chk Agung Priyadi dalam keterangan tertulisanya di Distrik Elikobel,Kabupaten Merauke, Papua,
Kamis (17/10/2019).
Lebih lanjut Kapten Chk Agung menyampaikan bahwa pada kegiatan ini dilakukan oleh 5 Orang personel Satgas dipimpin oleh Letda Inf Ulivo Dicky Pambudi  yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pos (Danpos) Kondo dimulai sejak pukul 09.00 – 15.000 WIT.
“Pelaksanaan pengobatan keliling ini sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Satgas untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat di tempat penugasan khususnya warga Kampung Kondo,” ujarnya.
Diungkapkan Papen, tercatat 27 orang warga ikut serta dalam pengobatan yang dilakukan hari ini, dengan berbagai macam keluhan diantaranya, demam, batuk, flu, sakit kepala, sakit pinggang, bekas luka, dan gatal-gatal pada kulit.
Sementara Dokter Satgas Letda Ckm dr. dr. M. Akbar Andriansah mengatakan, bahwa program pengobatan keliling yang langsung mendatangi rumah-rumah warga, dilakukan oleh jajaran seluruh Pos Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad. Karena banyak kampung untuk menjangkau sarana layanan kesehatan di wilayah tersebut cukup jauh, seperti yang halnya Kampung Kondo.
”Banyak wilayah yang sarana kesehatan seperti Puskesmas cukup jauh dari kampung, sehingga warga jadi enggan untuk memeriksakan kesehatannya dikala sakit. Kewajiban Satgas melalui Pos-Pos terdekat yang mendatangi rumah warga untuk memberikan layanan kesehatan langsung kepada warga,” imbuh Dokter.
Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Adat Kampung Kondo Bapak Nikolaus Sangra, dirinya merasa senang dengan kegiatan pengobatan keliling yang dilakukan oleh prajurit Satgas dari Pos Kondo, sehingga dapat secara langsung membantu masalah kesehatan warga.
“Kami warga Kampung Kondo, mengucapkan terima kasih atas kepedulian bapak-bapak TNI , memberikan pengobatan kepada warga kampung kami yang sakit tanpa kami harus jauh-jauh berobat ke Puskesmas,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *