TINGKATKAN POTENSI PARIWISATA, DANDIM 1710/MIMIKA BUKA WISATA ALAM BALIEM WAGA-WAGA

Timika ~ Papua memiliki sejuta pesona keindahan alam namun masih perlu banyak pengembangan sehingga keindahan alam tersebut dapat berpotensi positif bagi dunia pariwisata. Memahami pentingnya hal tersebut, Serda Panius Kogoya bersama Jemaat Gereja Empat Baptis Timika dibantu Yayasan Pelangi membuka wisata alam Baliem Waga-Waga dan Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya hadir dalam kesempatan tersebut untuk membukanya secara resmi, Selasa (22/06/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di jalan Trans Nabire, Kampung Karya Kencana, Kabupaten Mimika dan pada acara peresmian tersebut dilaksanakan kegiatan syukuran dengan memotong 8 ekor babi. Kegiatan peresmian tersebut dihadiri oleh sekitar 300 orang diantaranya Dansat TNI-Polri, perwakilan PT.FI dan Pemda Mimika. Serda Panius Kogoya selaku pemrakarsa kegiatan menyampaikan terima kasih kepada Kodim 1710/Mimika yang senantiasa membina wilayah dan pihak terkait lainnya sehingga wisata alam Baliem Waga-waga bisa dibuka dan bisa menjadi sarana wisata serta bermanfaat bagi masyarakat lokal Papua.

Dandim 1710/Mimika, Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya menyampaikan sambutan “Dengan dibukanya wisata alam Baliem Waga-Waga ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi warga yang lain dalam memanfaatkan kekayaan alam Papua”. “Serda Panius Kogoya sudah banyak berkorban untuk membuka tempat wisata ini dan Kodim 1710/Mimika sangat mendukung kegiatan positif ini agar bisa mendorong perekonomian masyarakat asli Papua” lanjutnya.

Tidak lupa Dandim pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang menginisiasi terbukanya wisata alam ini dan meminta media turut mempromosikan tempat wisata ini. Menutup sambutannya Dandim berpesan “Agar kedepannya dilakukan kolaborasi antara kesenian Kamoro dan pegunungan untuk bisa dipromosikan di lokasi wisata serta lakukan pengelolaan manajemen yang baik untuk menarik minat wisatawan”.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian cinderamata dari Kodim 1710/Mimika kepada bapak Jefri Pusung dan Serda Panius Kogoya selaku pengelola tempat wisata Baliem Waga-Waga. Mengakhiri kegiatan yang berbahagia ini, tamu-tamu undangan melaksanakan foto bersama dan melaksanakan tarian seka bersama masyarakat yang hadir disertai dengan acara adat bakar batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *