Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Berikan Edukasi Dan Penyuluhan P3K di SD YPK Toray

MERAUKE — Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) merupakan tindakan pertama yang harus diberikan kepada korban yang mengalami kecelakaan. P3K yang dimaksud yaitu memberikan perawatan darurat pada korban, sebelum pertolongan pertama yang lengkap dari dokter atau petugas kesehatan lainnya.

Sehubungan dengan hal tersebut, dalam rangka mengisi kegiatan setelah usai melaksanakan Ujian Tengah Semester (UTS), Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad Pos Toray memberikan penyuluhan P3K kepada siswa-siswi SD YPK Toray sebagai edukasi dan pengetahuan memberikan pertolongan pertama kepada orang yang membutuhkan.

Demikian disampaikan oleh Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif MR 411/PDW Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Distrik Eligobel, Merauke, Papua, Rabu(11/12/2019).

Dansatgas mengungkapkan, pada hari Selasa(10/12), personel Pos Toray yang dipimpin Danpos Toray Letda Inf Wesly Tanaem beserta 3 orang Tim Kesehatan Pos Toray melaksanakan penyuluhan mengenai Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) kepada siswa-siswi SD YPK Toray guna mengisi waktu luang setelah usai melaksanakan UTS beberapa hari lalu.

Lanjutnya, kegiatan ini dilakukan dengan maksud dan tujuan sebagai edukasi agar siswa-siswi SD YPK Toray mendapat ilmu pengetahuan dan memahami bagaimana tindakan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), adapun materi yang diberikan diantaranya penanganan patah tulang kaki atau tangan dan digigit ular.

“Diharapkan kegiatan penyuluhan P3K yang diberikan kepada para siswa ini selain bersifat pengenalan juga menjadi ilmu pengetahuan, yang mudah-mudahan dapat bermanfaat, para siswapun terlihat ceria dan antusias mengikuti tahap demi tahap materi yang di ajarkan oleh Tamtama Kesehatan (Takes) pos tersebut,” ucap Mayor Inf Rizky.

Sementara itu, Letda Inf Wesly mengatakan, kami berikan penyuluhan mengenai P3K ini sebagai edukasi dan mengenalkan bagaimana tindakan yang harus dilakukan kepada korban kecelakaan sebelum selanjutnya ditangani oleh tim medis, hal ini kami lakukan untuk memanfaatkan waktu luang siswa yang telah melaksanakan UTS .

Terpisah, Kepala SD YPK Toray Sarce Retraubun menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas Yonif MR 411/PDW Kostrad karena telah mengadakan penyuluhan mengenai P3K untuk anak-anak didik kami, “terimakasih banyak bapak-bapak TNI dari Pos Toray atas kepeduliaanya kepada siswa-siswi kami melalui edukasi yang bermanfaat ini,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *