Tingkatkan kesadaran kesehatan masyarakat Satgas Yonif 406/CK membantu kegiatan vaksin Imunisasi Campak dan DTT di perbatasan RI – PNG

Boven Digoek, Satgas Yonif 406/CK peduli terhadap kesadaran kesehatan masyarakat sehingga membantu kegiatan berupa Vaksin imunisasi di Pos Kanggewod. Pada hari Rabu 11 Desember 2019 anggota Pos Kanggewod Kipur B Satgas Pamtas Yonif 406/CK dipimpin oleh Sersan Satu Tamrin beserta 4 orang anggota membantu Puskesmas Waropko dalam melaksanakan kegiatan Vaksin imunisasi Campak dan DTT di SD YPPK ST Fransiskus Xavierius Kampung Kanggewod.

Vaksin imunisasi Campak dan DTT tahap akhir bagi anak merupakan program pemerintah melalui Dinkes Kab Boven Digoel yang dilaksanakan oleh puskesmas Waropko yang bertujuan :

1. Mencegah penularan infeksi yang disebabkan oleh virus campak karena campak merupakan penyakit menular yang mematikan bagi anak.

2. Memberikan imun atau kekebalan tubuh bagi anak agar tidak mudah terkena bakteri didalam tanah yang dapat menyebabkan penyakit tetanus.

Pelaksanaan vaksin diikuti oleh 38 siswa SD YPPK ST Fransiskus Xaverius Kangewod dan didampingi Kepala Puskesmas Waropko Bapak Herkulanus .S Kep. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat dan tingkat tumbuh kembang anak secara normal sesuai program pemerintah.

Dari kegiatan tersebut didapatkan bahwa tingkat kesadaran masyarakat tentang kesehatan masih rendah karena faktor pengetahuan kesehatan yang rendah dan minimnya sarana kesehatan serta kurangnya tenaga medis dikampung kanggewod, sehingga dengan kehadiran anggota Pos Kanggewod Satgas Pamtas Yonif 406/CK pihak sekolah dan Dinas kesehatan sangat senang dan berterimaksih dapat membantu siswa dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *