DUKUNG SUKSESNYA PON XX PAPUA DAN PEPARNAS XVI TAHUN 2021, DANDIM 1710/MIMIKA HADIRI KEGIATAN REMBUK INDONESIA TERTIB

Timika ~ Dalam rangka mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX Papua dan Peparnas XVI tahun 2021, Dandim 1710/Mimika (Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya) hadiri kegiatan Rembuk Indonesia Tertib bertempat di Ball Room Hotel Horizon Diana Jl. Budi Utomo Distrik Mimika Baru Kab. Mimika, Kamis (23/09/2021).

Kegiatan yang mengambil tema “Rembuk tertib protokol kesehatan dalam rangka mendukung pelaksanaan PON XX dan PEPARNAS XVI” tersebut dipimpin oleh Brigjen TNI M. Sujono (Asisten Deputi 1/V Kamtibmas Menko Polhukam) dan dihadiri sekitar 50 orang tamu undangan.

Menurut Dandim, Gerakan Indonesia Tertib adalah salah satu gerakan untuk mengubah perilaku masyarakat Indonesia agar menjadi lebih tertib dengan mematuhi peraturan yang berlaku. Gerakan Indonesia Tertib ini juga berperan dalam sukseskan agenda nasional pemerintah diantaranya percepatan penanganan Covid-19 dan PON XX serta PEPARNAS XVI yang akan dilaksanakan di Provinsi Papua.

“Hal ini penting untuk menjawab tantangan dan permasalahan yang yang dihadapi guna meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berperilaku tertib dalam melaksanakan protokol kesehatan” kata Dandim.

Lebih lanjut, Beliau menyampaikan bahwa penanggulangan permasalahan Covid-19 harus dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa. Penanggulangan tersebut dapat dilakukan secara seimbang melalui pendekatan hukum dan pendekatan kesehatan, sosial, serta sosialisasi pendidikan sehingga upaya pencegahan dan pembatasan penularan Covid-19 dapat terlaksana dengan baik. Namun demikian terdapat beberapa kendala yang dihadapi, yaitu masih kurangnya kedisplinan masyarakat dalam pelaksanaan protokol kesehatan, masih adanya masyarakat yang tidak percaya dengan adanya Covid-19, Belum maksimalnya diterapkan sanksi atas pelanggaran protokol kesehatan. Oleh karena itu diperlukan suatu gerakan yang sistematis guna percepatan penanggulangan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional”pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *