CEGAH WARGANYA TERJANGKIT MALARIA, BABINSA RAMIL MINDIPTANA BANTU PUSKESMAS MINDIPTANA LAKSANAKAN IRS

Boven Digoel – Cegah warganya terjangkit malaria, Babinsa Koramil 1711-02/MT Sertu Eri Nuhraeni beserta rekannya membantu dan mendampingi Puskesmas Mindiptana pada kegiatan Indoor Residual Sprying dalam rangka Pengendalian Vektor Malaria disekitar pemukiman masyarakat Kampung Andopbit, Distrik Mindiptana Kab. Boven Digoel. Pada Selasa (26/07/2022).

“Bersumber dari data yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Boven Digoel, Distrik Mindiptana menempati peringkat pertama dengan jumlah terbesar penderita Malaria, “Ungkap Sertu Erik saat dikonfirmasi melalui via telephone.

Lebih lanjut dikatakan, Untuk mengatasi keresahan yang ditimbulkan oleh penyakit malaria ini, maka Dinas kesehatan Boven Digoel melalui Puskesmas Mindiptana bersinergi dengan Koramil Mindiptana melaksanakan pengendalian vektor malaria dengan menyemprotkan cairan Fikam 80 WP di pemukiman warga Kampung Andokbit.

Sementara itu, Hendrikus Kamben, SKM selaku Kepala Puskesmas Mindiptana menyampaikan bahwa Metode penyemprotan IRS Fikam 80 bertujuan untuk memberantas nyamuk Malaria dan mencegeh perkembangbiakannya di lingkungan masyarakat.

“Cara kerja IRS fikam 80 ini akan meninggalkan lapisan residu di dinding rumah warga yang akan membunuh nyamuk jika hinggap di permukaan tembok dan efektivitas dilaksanakan penyemprotan cairan di siang hari, karena nyamuk malaria beristirahat pada siang hari setelah aktif mencari mangsa, “Ujarnya.

Dirinya berharap setelah adanya penyemprotan ini masyarakat yang terjangkit malaria diakibatkan oleh nyamuk dapat dicegah dan berkurang untuk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *