Kurangnya Tenaga Pendidik Di Pedalaman Papua Satgas Yonif 405/SK Bantu Mengajar 3 M (Membaca, Menulis dan Menghitung) Anak-Anak Kampung Opitawak.

Tembagapura. Mengajar Membaca, Menulis dan Menghitung (3 M) kepada anak-anak adalah kegiatan rutin yang terus dilakukan oleh anggota Pos Banti Satgas Yonif 405/SK Kolakops Korem 174/ATW yang bersinergi dengan Pemerintahan Distrik Tembagapura, ibu-ibu Persatuan Wanita Tembagapura (PWT) serta Karyawan HS PT. Freeport Indonesia.

Menurut Danki SSK I Satgas Yonif 405/SK Kapten Inf Darwis MT. Siburian, S.T. Han, kegiatan dalam rangka mencerdaskan anak bangsa tersebut kali ini digelar di halaman Gereja Kristen Indonesia (GKI) Kampung Opitawak, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika. Sabtu (8/10/22)

“Program memahami 3 M (Membaca, Menulis dan Menghitung) digagas oleh Sekretaris Distrik (Sekdis) Tembagapura ibu Nurfaidah, S.STP dan didukung oleh Instansi-instansi terkait yang berada di wilayah Tembagapura”.

Danki SSK I Satgas Yonif 405/SK menambahkan, Tempat mengajar 3 M bervariasi, mulai dari balai kampung, halaman Gereja maupun tempat-tempat anak-anak bermain atau berkumpul.

Hal ini dilakukan agar anak-anak merasa nyaman dan tertanam dalam diri mereka bahwa belajar dapat dilakukan dimanapun mereka berada, terlebih kampung tersebut juga belum memiliki gedung sekolah formal.

Sementara itu, ibu Maria salah satu orang tua di Kp. Opitawak mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Ia dan para orang tua berharap agar kegiatan mengajar terus dilakukan hingga di daerah tempat tinggalnya ada sekolah formal.

“Kami senang ada yang mengajari anak-anak kami membaca dan menulis, sehingga nanti anak-anak menjadi pintar dan bisa menjadi generasi penerus bangsa. Semoga kegiatan ini bisa terus berlanjut”, tutup ibu Maria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *