RESMIKAN POS SATGAS PAMTAS RI-PNG : BRIGJEN TNI REZA PAHLEVI PAKAI PERAHU KETINGTING SUSURI RAWA YANG DITUMBUHI PANDAN RAWA

Penrem 174 – Bertempat di RT 03 Yakyu Kampung Rawa Biru distrik Sota Kabupaten Merauke, Danrem Brigjen TNI E. Reza Pahlevi selaku Dankolakops Korem 174/ATW beserta rombongan kunjungi Pos Yakyu menggunakan perahu ketingting (perahu tradisional) susuri rawa berliku dan berlumpur yang ditumbuhi pandan rawa dibawah terik matahari panas dan pakaian dinas basah karena percikan air tidak menurunkan semangat Danrem beserta rombongan untuk tetap menuju pos satgas Pengamanan Perbatasan RI-PNG yang baru dalam rangka meresmikan pos yang baru selesai dibangun dan saat ini menjadi pos yang ditempati oleh satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/Dibyatara Yodha. Sabtu (05/11/2022)

Dalam perjalanannya menuju Yakyu Danrem Reza beserta rombongan menggunakan perahu Ketingting (perahu tradisional) dari Kampung Rawa Biru menyusuri rawa yang berliku dipenuhi dengan tumbuhan Pandan Rawa dengan jarak sekitar 20 KM dan waktu tempuh 1,5 jam untuk dapat sampai di dusun Yakyu.

Setibanya di Dusun Yakyu Dankolakops beserta rombongan dengan kondisi pakaian dinas basah karena percikan air rawa saat diperjalanan serta panas terik matahari disambut langsung oleh kepala suku (Ondoafi)kampung Yakyu Dominikus Maiwa dengan tradisi penyambutan secara adat dan iringan tarian Suku Kanum dan didampingi
Letda inf David Dwi selaku Danpos Yakyu satgas Pamtas RI-PNG Yonif 511/DY.

Dalam sambutanya kepala Kampung yang diwakili oleh Bamuskam Mengucapkan “Selamat datang kepada Danrem beserta rombongan atas kedatangannya, kami masyarakat Yakyu merasa senang karena adanya Pos Satgas di Kampung kami “.

Pada kesempatan tersebut Danrem Reza selaku Dankolakops dihadapan masyarakat kampung Yakyu dan anggota Pos Yakyu menyampikan ungkapan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa pada kesempatan ini bisa hadir beserta rombongan untuk meresmikan Pos yang dibangun oleh TNI . Apa yang telah dibangun ini kita harus jaga karena kampung Yakyu ini merupakan wilayah kedaulatan NKRI . Dengan adanya pos ini masyarakat diharapkan dapat bekerjasama walapun satgas ini hanya bertugas selama 9 bulan dan selalu ada pergantian personil satuan , diharapkan untuk tetap menjalin kerjasama. Disamping itu Air yang ada di kampung Rawabiru ini merupakan sumber air bersih sehingga merupakan sarana penting yang digunakan se kota Merauke. Makanya kita harus jaga bersama dan saling kerjasama selain bidang keamanan wilayah “. Ungkapnya.

Usai memberikan sambutan Brigjen TNI Reza Pahlevi meresmikan pos Yakyu ditandai pengguntingan pita serta menyaksikan tradisi penyiraman darah babi secara simbolis yang dilakukan oleh Dandim 1707/Merauke yang diiringi dengan tarian adat Suku Kanum masyarakat sekitar Kampung Rawabiru.

Usai meresmikan pos Yakyu Dankolakops beserta rombongan yang terdiri dari para Kasi Korem 174/ATW, Dandim 1707/Merauke, Danyonif 511/DY , Danramil 1707-16 Sota, Kapolsek Sota, Kepala PLBN Sota dan Kepala Distrik Sota melaksanakan peninjauan Pos Yakyu yang baru diresmikan dilanjutkan pembagian sembako secara simbolis oleh Danrem 174/ATW kepada masyarakat Yakyu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *