Satgas Yonif 406/CK Menambah ilmu dan keahlian pertanian di perbatasan

Boven Digoel. Peran Satgas Yonif 406/CK dalam kegiatan kemasyarakatan diperbatasan dalam kegiatan Binter Pos Kombut Kipur B tentang pelaksanaan penyuluhan pertanian warga kampung Kombut Distrik Kombut Kab. Boven Digoel pada hari Selasa tgl 14 Januari 2020 mulai pukul 09.00 s.d 10.30 WIT sebagai berikut :

Cocok tanam merupakan hal kebiasaan dan menjadi rutinitas warga kampung Kombut, karena untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari warga tergantung dengan hasil bumi, namun akan kurangnya pengalaman pengolahan lahan maka hasil yang didapatkan kurang dari yang diharapkan masyarakat, yang selama ini kebanyakan masyarakat bercocok tanam dengan sistim pindah tempat atau Nomaden.

Personel Pos Kombut sebanyak 11 orang dipimpin Letnan Dua Inf. Suroto Dan Pos Kombut Kipur B Satgas Yonif 406/CK beserta anggota melaksanakan penyuluhan pertanian kepada masyarakat Kampung Kombut.

Dengan kegiatan penyuluhan mengenalkan kepada masyarakat bagaimana kita mengolah lahan pertanian dan lahan tidur agar bermanfaat untuk kita dan bisa buat bercocok tanam dan kita juga berbagi akan hasil kebun kita kepada masyarakat yang hadir.

Warga Kampung yang menghadiri sangat antusias dan berterimakasih kepada kita yang telah memberi cara pengolahan lahan pertanian, cara penanaman, cara perawatan dan cara memerik hasil kebun yang benar. Kami merasa heran bahwa bapak-bapak TNI kok bisa bercocok tanam padahal tugas TNI menjaga keamanan, namun buktinya bapak-bapak TNI bisa bercocok tanam dan bertani serta kebun menghasilkan yang cukup bagus dan banyak, pungkas kaur pemerintahan kampung Kombut bapak Alfons Katem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *