PERSONEL SATGAS TMMD BANTU MASYARAKAT HOMLIKYA PENYADAPAN GETAH KARET

Personel Satgas TMMD Ke-116 Kodim 1707/Merauke Serda Anis Setus dan Koptu Puryadi membantu masyarakat Kampung Homlikya Distrik Syahcame Kabupaten Mappi – Papua Selatan melaksanakan penyadapan getah karet di kebun milik Bapak Barnabas Ibim salah satu masyarakat Kampung Homlikya. Selasa (30/5/23).

Komandan Kodim 1707/Merauke Letkol Inf Bayu Kriswandito, S.Hub., Int. selaku Dansatgas TMMD Ke-116 Kodim 1707/Merauke melalui Komandan SSK Satgas TMMD Ke-116 Kodim 1707/Merauke Lettu Inf Antonius Kalambia mengatakan bahwa sebagian masyarakat Kampung Homlikya sebagai petani karet yang memiliki kebun karet sendiri.

“Kegiatan yang dilakukan personel Satgas TMMD membantu keluarga Bapak Barnabas Ibim menyadap getah karet merupakan kegiatan diluar non fisik yang sudah diprogramkan, akan tetapi kegiatan tersebut kita lakukan dengan tujuan membantu meringankan beban masyarakat di wilayah lokasi TMMD yaitu di Kampung Homlikya”. ungkap Lettu Inf Antonius Kalambia.

“Kegiatan penyadapan getah karet yang dilaksanakan Serda Anis Setus dan Koptu Puryadi tersebut meliputi pengupasan kulit pohon secara menurun, pemasangan alat tampung getah karet, pengambilan getah karet, pencampuran getah dengan cairan asam yang dilanjutkan pengadukan kemudian dibiarkan sampai mengental, setelah mengental kemudian dilakukan pengepresan”. jelasnya.

“Sedangkan untuk pengepresan sendiri terbagi menjadi 2 tahap yaitu tahap halus dan berbentuk garis-garis. Setelah selesai dilakukan pengepresan kemudian dijemur ditempat yang teduh (tidak terkena sinar matahari langsung) setelah itu baru bisa dipasarkan/dijual dan untuk harga karet di Kampung Homlikya Rp. 15.000,-/Kilogram”. tambahnya.

Mewakili keluarga, Bapak Barnabas Ibim mengucapkan terimakasih banyak kepada personel Satgas TMMD yang sudah membantu melakukan penyadapan getah karet dikebun miliknya sehingga pekerjaaanya menjadi lebih ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *