Danrem 174/ATW Hadiri Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Daerah dan Pedoman MCP Tahun 2024 Wilayah Papua Selatan

Merauke – Danrem 174/ATW Kolonel Inf. Wempi Ramandei, S.Sos. menghadiri Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi Pemerintah Daerah dan Detasemen Pedoman MCP (Monitoring Center for Prevention) Tahun 2024 Wilayah Papua Selatan. Acara tersebut berlangsung di Kantor Bupati Merauke, Kabupaten Merauke, Provinsi Papua Selatan, pada Selasa (14/5/2024).

Kegiatan ini dipimpin oleh Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., M.T., (Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan) dan dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk Kolonel Pnb Agus Mulyadi, S.Sos., M.M. (Danlanud J.A Dimara Merauke), Kolonel Laut (S) Agus Wahyu Nugraha, S.E., M.M. (Asrena Danlantamal XI), Kombespol Sondang R.D Siagian, S.I.K. (LO Polda Papua Selatan), Abdul Haris (Kepala Satgas 5 KPK RI), Zainuri (Kepala Perwakilan BPKP Papua), Yohane B.J Rusmanta (Kepala Perwakilan Ombudsman RI Papua), Dr. Roy Eduard Fabian Wayoi, S.Sos., M.MT. (Kepala BPN ATR Papua Selatan), serta H. Ridwan, S.Sos., M.Pd. (Wakil Bupati Merauke), pimpinan OPD Prov. Papua Selatan, OPD Kab Merauke.

Dalam sambutannya, Kepala Satgas Korwil V KPK RI, Abdul Haris, menekankan pentingnya program pemberantasan korupsi yang terintegrasi. “Kami datang ke sini dalam rangka pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi yang berkelanjutan. MCP di Provinsi Papua Selatan pada tahun 2023 mencapai 67,84%, di bawah target nasional sebesar 70%. Ini menunjukkan bahwa tata kelola pemerintahan belum dilaksanakan secara maksimal,” ujarnya.

Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., M.T., dalam sambutannya sekaligus membuka acara dengan memukul tipa, menyampaikan apresiasinya atas kedatangan tim dari KPK RI. “Kami mengucapkan selamat datang kepada Bapak Ketua Tim Direktorat Provinsi Wilayah 5 KPK RI beserta seluruh anggota tim di Kota Merauke. Tingkat pidana korupsi merupakan kategori kejahatan luar biasa sehingga penanganannya harus dilakukan dengan cara-cara ekstraordinari,” katanya.

Beliau juga menekankan pentingnya rapat koordinasi ini sebagai momentum untuk melakukan upaya pencegahan korupsi. “Program pencegahan oleh KPK RI terhadap seluruh pelaksanaan pembangunan di semua sektor pelayanan publik dan pemerintahan sangat penting. Diharapkan rapat koordinasi ini memberikan manfaat optimal bagi kita semua, sehingga kita dapat meningkatkan upaya meminimalisir tindak pidana korupsi dalam pelayanan publik dan pemerintahan di wilayah Provinsi Papua Selatan,” pungkasnya.

Secara terpisah Danrem 174/ATW Kolonel Inf Wempi Ramandei, S.Sos, mengatakan ” Sangat mengapresiasi kegiatan Ini, membuktikan bahwa Pemprov Papua Selatan berkomitmen dalam melakukan upaya-upaya konkret pencegahan korupsi, dengan harapan pengendalian korupsi dapat semakin berkualitas,” pungkasnya.

Danrem juga menambahkan “Dengan terlaksananya rapat koordinasi ini sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kita sekalian” (Penrem 174/ATW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *