KOREM 174/ATW GELAR MALAM NUZULUL QUR’AN 1445 HIJRIYAH

Merauke – Korem 174/ATW menggelar peringatan Nuzulul Qur’an 1442 Hijriyah bertema “Tingkatkan Ketaqwaan, Pererat Silaturahmi, Perkuat Persatuan dan Kesatuan” bertempat di Masjid At-Taqwa Korem 174/ATW, Jl.Poros Tanah Miring, Kab.Merauke Papua Selatan, Senin (1/4/2024).

Peringatan Nuzulul Qur’an yang pimpin Kolonel Kav Ahmad E. Supriyadi (Kasi Intel Kasrem 174/ATW) dan dihadiri para Kasi Korem 174/ATW, para Dan/Ka Satdisjan Jajaran Korem 174/ATW, perwakilan prajurit dan PNS serta Persit KCK Korem 174/ATW diisi dengan ceramah oleh Ustd Alamudin Alqoyum.

Kolonel Kav Ahmad E. Supriyadi dalam membacakan sambutan Danrem menerangkan, Nuzulul Qur’an merupakan suatu peristiwa turunnya Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW pada malam ke 17 di bulan Ramadhan. Peringatan Nuzulul Qur’an oleh umat Islam adalah untuk menghayati serta mengamalkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an sebagai pedoman dan petunjuk dalam kehidupan sehari-hari.

Terlebih lagi, sambung Jenderal Bintang Satu itu, Nuzulul Qur’an ini sangat erat hubungannya dengan Lailatul Qadar, yaitu malam yang penuh kemuliaan dan berkah pada bulan Ramadhan.
“Semoga Al-Qur’an bisa menjadi petunjuk bagi kita semua yang hadir di sini, agar bisa memahami tentang arti kehidupan dan mampu mengambil inti dari isi yang terkandung di dalamnya sehingga bisa mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Sementara itu, Ustd Alamudin Alqoyum.dalam ceramah singkatnya menyampaikan, Nuzulul Quran adalah salah satu diantara banyaknya keistimewaan Ramadan. Nuzulul Quran berarti adalah hari diturunkannya alquran yang tepatnya jatuh pada 17 Ramadhan atau berdasarkan perhitungan pemerintah maka jatuh pada Kamis (28/3/2024).Karena keistimewaannya.

Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al-Qur’an sehingga Ramadhan juga disebut Bulan Al-Qur’an. Al-Qur’an diturunkan pertama kali di Gua Hiro oleh Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad. Yang berupa Surat al-Alaq dari ayat 1-5: yang artinya Al-Qur’an merupakan kitab petunjuk yang memiliki keistimewaan. Al-Qur’an merupakan kitab penyempurna daripada kitab-kitab Allah yang diturunkan sebelumnya. Selain itu, Al-Qur’an juga sebagai mukjizat Nabi Muhammad.

Diakhir ceramah nya iya menyampaikan banyak sekali keistimewaan yang bisa kita dapatkan dari Al-Qur’an. Seseorang yang mau membaca dan mengamalkannya di Ramadhan. Di antara empat keistimewaan Al-Qur’an yaitu : Menjadi Pedoman, petunjuk, dan rahmat bagi manusia, Menjadi obat bagi manusia, Menjadi pemelihara dan mempertahankan martabat kemanusiaan, Pelajaran dan penerangan, Solusi masalah masyarakat.
(Penrem 174/ATW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *