Memajukan ekonomi masyarakat di Perbatasan Satgas Yonif 406/CK peduli terhadap kegiatan Penyuluhan Vanili

Boven Digoel, Masyarakat diperbatasan yang masih kurang SDM sehingga Satgas Yonif 406/CK Pos Arimop Kipur B pada hari Sabtu 02 November 2019 anggota Pos Arimop yang dipimpin oleh Serka Tedy Agus E bersama 6 orang melaksanakan Penyuluhan Tanaman Vanili di Kampung Aroa Distrik Arimop kepada masyarakat setempat. Masih luasnya tanah dan halaman rumah yang tidak dimanfaatkan sehingga perlu adanya pemahaman dan bagaimana cara pemanfaatannya.

Pelaksanaan penyuluhan tersebut meliputi, Pengenalan tentang Vanili, Persyaratan tumbuh, Penyiapan Bibit Vanili, Persiapan Lahan Tanam, Pohon pelindung, Penanaman Vanili, Pemeliharaan Vanili dan pemanenan Vanili. Komoditi tanaman vanili ini cukup menjanjikan untuk harganya bahkan diperkirakan sekitar 30 Tahun kedepan harga masih setabil, sehingga Satgas memberi penyuluhan tentang hal tersebut.

Kegiatan tersebut merupakan wujud dari kegiatan Bakti TNI yang merupakan kemampuan prajurit yang harus dimiliki Satgas Opspamtas dan merupakan penjabaran dari Metode Binter karena Binter merupakan fungsi utama TNI ADA. tutur Serka Teddy.

Dengan kegiatan tersebut masyarakat sangat antusias untuk bisa membudidayakan Vanili di kampung setempat dan berterima kasih dengan kehadiran anggota Pos Arimop Satgas Yonif 406/CK karena dapat memberikan wawasan tentang vanili   sehingga terjalin hubungan yang baik  dan semoga dapat membantu meningkatkan perekonomian di kampung Aroa distrik Arimop. penjelasan Bapak Yoanis Wamoyap selaku kepala Kampung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *