BABINSA KORAMIL 1710-02/TIMIKA BERSAMA WARGA MELAKSANAKAN ACARA ADAT BAKAR BATU

Timika ~ Adat kebiasaan masyarakat Papua pegunungan masih sangat kental dengan nuansa tradisional yang masih terjaga hingga saat ini, salah satunya adalah acara adat bakar batu. Acara adat tersebut senantiasa dilaksanakan saat syukuran ataupun perdamaian pasca konflik. Menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan masyarakat setempat, kali ini Babinsa Koramil 1710-02/Timika turut serta dalam acara adat bakar batu di Kampung Kamoro Jaya SP1, Distrik Wania, Kabupaten Mimika, Kamis (03/09/2020).

Acara tersebut digelar sebagai pelunasan denda adat akibat adanya kecelakaan lalu lintas yang menimpa salah seorang warga beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sekitar 200 orang warga suku Nduga dari SP5, SP7, Irigasi, Jayanti dan KM11. Selain itu, kegiatan ini pun dihadiri juga oleh perwakilan pemerintah daerah setempat dan juga tokoh-tokoh masyarakat. Pelda Mustajib yang mewakili Danramil 1710-02/Timika memberikan bantuan kepada pihak keluarga berupa minuman dan makanan ringan untuk semakin memeriahkan acara.

Pelda Mustajib pada kesempatan ini memberikan sambutan bahwa dirinya mewakili Danramil 1710-02/Timika dan kehadirannya merupakan perwujudan dari sinergitas TNI dan rakyat. “Kehadiran saya merupakan bentuk kebersamaan TNI dan rakyat yang selama ini sudah terjaga kemudian saya menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersamaan serta keamanan lingkungan demi terjaganya persatuan” pungkasnya dalam kesempatan tersebut. “Kami TNI, menghimbau kepada orang tua agar bisa menyekolahkan anak-anaknya sehingga nanti bisa masuk menjadi anggota TNI, Polri ataupun bertugas di instansi pemerintah lainnya” tambahnya.

Dalam acara tersebut, para Babinsa Koramil 1710-02/Timika pun turut serta dalam menikmati hidangan acara bakar batu yang sudah disiapkan oleh panitia acara dan berbaur dengan warga. Masyarakat pun merasa senang dengan adanya kehadiran dari Babinsa dan menyampaikan terima kasih pada Babinsa yang hingga saat ini selalu konsisten memberikan bimbingan dan arahan pada warga dalam membangun kampung ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *