BABINSA KIMAAM BANTU WARGA MENGOLAH SARI PATI POHON SAGU MENJADI MAKANAN POKOK

Merauke_Senin (21/6/2021). Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1707-09/Kimaam jajaran Kodim 1707/Merauke Serda Saifullah membantu proses pengolahan sari pati pohon sagu menjadi makanan pokok di pekarangan rumah Bapak Hermanus Kapka yang merupakan salah satu warga Kampung Deka, Distrik Kimaam, Kabupaten Merauke.

Menurut Bapak Hermanus Kapka bahwa mayoritas masyarakat asli Papua yang tinggal di Kampung Deka menjadikan sagu merupakan makanan pokok. Untuk itu, makanan sagu sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Sagu merupakan makanan pokok bagi kita orang asli papua khususnya di Kampung Deka Kabupaten Merauke ini, jadi setiap minggunya para orang tua pergi ke hutan untuk mencari sagu kemudian diolah untuk menjadi makanan”. kata Hermanus.

Pada kesempatan yang sama Babinsa Serda Saifullah mengatakan bahwa pendampingan kepada Bapak Hermanus Kapka dalam mengekstrak sari pati dari pohon sagu tersebut bertujuan untuk membantu meringankan keluarga Bapak Hermanus Kapka dalam mendapatkan sari pati pohon sagu untuk dijadikan bahan makanan pokok.

“Selain membantu meringankan keluarga Bapak Hermanus Kapka dalam mendapatkan sari pati pohon sagu, kegiatan tersebut juga saya pergunakan sebagai pembelajaran bagaimana cara mengekstrak sari pohon sagu untuk dijadikan makanan”. ungkap Saifullah.

Babinsa Serda Saifullah menambahkan, sebagai seorang aparat wilayah yang dalam kesehariannya bersentuhan langsung dengan masyarakat tentunya harus bisa mengamalkan 8 Wajib TNI diantaranya menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *