PULUHAN PERSONEL KODIM MERAUKE IKUTI APEL KESIAPSIAGAAN BENCANA

Bertempat di Lapangan Apel Mako Lantamal XI, Jalan Noari Kelurahan Karang Indah Distrik Merauke Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan, puluhan personel Kodim 1707/Merauke yang di pimpin langsung oleh Danramil 1707-12/Sawaerma Letda Inf Roesli Rajab mengikuti Apel Kesiapsiagaan terhadap bencana di wilayah Provinsi Papua Selatan. Rabu (13/12/2023).

Bertindak sebagai Pembina Apel Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT., Komandan upacara Danyon Marhanlan XI Letkol Mar Daulat Situmorang dan Perwira Upacara Kabid Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Satpol PP Lilis Adi Sulistianto yang diikuti oleh ratusan personel yang terdiri dari Gabungan TNI-Polri, Basarnas, Senkom, PMI dan Dinkes Kab. Merauke.

Dikesempatan tersebut Pj. Gubernur Provinsi Papua Selatan Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT. menyampaikan bahwa bencana merupakan gangguan atau kerusakan yang terjadi akibat fenomena alam atau akibat ulah manusia yang dapat menimbulkan korban jiwa dan harta benda. Selain itu, bencana itu sendiri terbagi menjadi dua yaitu bencana alam akibat alam dan bencana akibat manusia yaitu bencana sosial.

“Bencana alam dapat diakibatkan dari alam seperti banjir, gunung berapi, hama dan wabah sedangkan bencana sosial contohnya seperti perang dan lain-lain”. ucap Ir. Apolo Safanpo.

“Dalam menghadapi potensi bencana, maka diperlukan kesiapan dalam management penangulangan bencana dengan cara mengidentifikasi dan malakukan sosialisasi serta Edukasi kepada Masyarakat, sehingga ketika terjadi bencana maka semua akan mengerti harus bagaimana dan berbuat apa”. jelasnya.

Diakhir pengarahannya Prof. Dr. Ir. Apolo Safanpo, ST., MT. menekankan tiga hal yang perlu diperhatikan dalam penangulangan bencana diantaranya sarana dan prasarana untuk penanggulangan bencana, peralatan yang dibutuhkan dilapangan agar diprogramkan dengan baik dan SDM yang harus ditingkatkan dalam pelatihan agar adanya peningkatan dalam penanggulangan bencana.

Nampak hadir pada Apel Kesiapsiagaan Bencana tersebut Danlantamal XI Laksamana Pertama TNI Kunto Tjahjono, S.E., CRMP., M.Tr.Opsla., Danlanud J.A. Dimara Kolonel Pnb Onesimus Gede Rai Ariyadi, SE,M.Han, Kasdim 1707/Merauke Mayor Arm Gordon G.S.L, Kasat Samapta Polres Merauke Iptu Pol. Sukirno.,S.Sos, Kasatpol PP Pemerintah Provinsi Papua Selatan Bapak Elias Refra, S.Sos, MM., Plt. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Bapak Romanus Sujatmiko, S.Sos., Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Merauke Bapak Dominikus Catur Risal, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan/SAR Bapak Alman S. Imbiri, Pembina Senkom Merauke Bapak Suhartadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *